Welcome to idiot's blog

Assalamualaikum



mungkin ada yang aneh dari judul blog ini tapi saya hanya ingin mengingatkan bahwa kelebihan yang tersembunyi dibalik keidiotanlah yang sesungguhnya luar biasa akan tetapi sering di pandang sebelah mata.




Raport Akhir Tahunku Merah

31 Jan 2011


Sebuah prestasi saat kita bisa dipertemukan dengan tanggal dan bulan yang sama saat kita keluar dari rahim ibu-ibu kita, bahkan sebagian orang menganggap sebuah keberhasilan dan nikmat sehingga harus dirayakan. Akan tetapi juga tidak sedikit orang yang menganggap bahwa hari itu merupakan peringatan besar atas berkurangnya umur kita dan itu berarti waktu kita untuk mampu menikmati indahnya dunia ini telah mulai berkurang, yang artinya keberadaab kita semakin dekat dengan sebuah kematian. Waw….. sedikit tersentak mendengar kata-kata itu, KEMATIAN sebuah hal yang kelihatan menakutkan dan menyeramkan namun tidak akan pernah bisa kita hindarkan (Kullu nafsin daaiqotul maut).


Banyak sekali pendapat orang terkait hari jadi atau ulang tahun yang bahasa kerennya adalah millad. Begitujuga dengan saya, saya mempunyai makna sendiri saat mengadapi sebuah peringatan hari lahir (Ulang Tahun). Saya lebih cenderung untuk menganggap bahwa hari ulang tahun adalah hari dimana kita menerima raport nilai hasil pekerjaan kita selama setahun sebelumnya. Moment inilah yang seharusnya bisa menadi moment untuk kita bisa menintrospeksi diri kita, menghitung hasil kerja kita dan mengukur kapasitas serta kualitas yang ada dalam diri kita.
Januari, 27 2011. Yah itu bertepatan dengan hari ulangtahunku yang ke 20 tahun. Sebuah kebanggaan dan prestasi yang baru saya dapatkan, sekaligus sebuh peringatan dan kecaman berat untuk keidupanku pribadi. Hari itu merupakan nikmat Allah yang luar biasa diberikan kepadaku karena sampailah aku dalam hitungan umur 20 tahun keadaan sehat walafiat, sebuah nikmat sekaligus prestasi besar karena ditengah kerasnya zaman saat ini yang mengikis moral seluruh penduduk dunia sehingga kita dihadapkan pada dua pilihan yang sangat berat antara mendahulukan sebuah kesenangan sesaat yang sebenarnya sudah tampak didepan mata, dan ini yang sangat mengiurkan dengan memilih untuk sedikit bersabar dan berjuang untuk kebahagiaan yang haqiqi di kemudian hari. Alhamdulillah, dengan dua senjata dahsyat warisan Rosulullah, dan dengan bmbingan orang-orang disekitarku, aku terus berusaha bertahan untuk terus berjalan menuju kebenaran walau msih sering terseok kekanan dan kiri, bahkan harus jatuh bangun di dalamnya tapi Allah telah menunjukkan kasih sayangnya kepadaku sehingga aku mampu bertahan. Syukur yang luar biasa aku panjatkan atas nikmat besar ini.

“Allahumma arinal haqqo,haqqo. warzuknattiba’ah waarinal batila,batila. Warzuknattinabah, Amien….!”

Tidak selesai sampai disana, ternyata bukan hanya sebuan prestasi dan nikmat tapi juga peringatan dan kecaman berat bagiku. Kalu kita renungkan besama, bukankah sesungguhnya sebuah peringatan peringatan saat hari ulang tahun itu datang, karena saat itu umur kita bertambah yang artinya berapalama lagi kita hidup? Sebuah nikmat jika sampai umurku ke20 tahun ini, tapi sampai kapan aku masih mampu menghirup udara segar ini, masih bisa tertawa lebar, masih mampu jail ke teman-temanku dan masih bisa merasakan nikmatnya sarapan nasi pecel yang menjadi kesukaanku. Bisa jadi di hari ulangtahunku ini bukan menjadi berita bahagia bagi orang-orang yang aku sayangi tapi menjadi kabar buruk, jika ternyata Allah tellah menuliskan umurku hanya sampai 20 tahun. ataukah mungkin 30 tahun? berarti sepuluh tahun lagi, ataukah 65 tahun? berarti tinggal sisa tiga puluh lima tahun lagi, atau bahkan 20 tahun + 4 hari? Itu artinya hari ini, bisa saja Allah akan mencabut nyawaku setelah selesai tulisan ini aku tulis. Bukankah itu semua sebuah peringatan nyata kawan? Akan tetapi sebenarnya bukan hak kita untuk membicarakan kematian. Yang terpenting dari itu semua adalah persiapan kita untuk menghadapi semua itu, apa amal yang telah kita handalkan untuk menyabut hari itu. Dengan demikian saat kita sudah siap kapanpun hari itu datang bukan menjadi sebuah hal yang menakutkan tetapi sebuah nikmat dan anugrah serta keberhasilan.

“Ya Allah ampunilah dosa-dosa hambamu ini dan juga dosa-dosa orang-orang yang hanbasayangi, dan matikanlah kami dalam syahid dijalan-Mu, Amien…!”

Berbicara soal amal dan persiapan, ternyata umurku ke 19 tahun telah gagal, benar sekali setelah aku renungkan memang benar Raportku Tahun ini Merah. Selama setahun sudah aku menjalaninya tidak ada prestasi yang bagus, malah sebuah kesalaha dan kegagalan lihat ni:
• Selama setahun yg lalu tidak ada amanah besar yang artinya tidak ada pekerjaan besar yang telah aku lakukan.
• Secara nilai akademik mengalami pernurunan antara tahun-tahun sebelumnya
• Selama setahun terahir bukan malah lebih baik, tapi bandelnya semakin bertambah.
• Tidak ada sama sekali hal yang kulakukan sehingga mebuat kedua orangtuaku bangga, yang ada setiap hari harus mengomel-ngomel gara-gara ulah saya. “Astagfirullah”
• Banyak sahabat-sahabat disekitarku yang harus sakit hati gara-gara ulahku, bahkan ada beberapa yang harus meneteskan air mata. “Jahate rek” (Pantesan ratusan orang bahagia sehingga mengucapkan selamat melalui facebook atas umurku yang semakin habis, munkin mereka pada senag kali ya, kalau aku segera enyah dari dunia ini he……….. Terimakasih buat teman-teman adib sayang kalian)
• Banyak alfa saat halaqah yang imbasnya juga pada amalan yaumiah semakin kacau.
• Amanah-amanah dakwah yang tidak terselesaikan dengan baik

Sebenarnya masih buanyak yang hal yan tidak bisa saya sebutkan karena hanya akan membuat malu kalu di tuliskan. Ada hal yang membuat ku tertawa sedih sebenarnya, ternyata tidak semua mengalami penurunan. Tanpa sengaja saat bercermin aku rasa ada yang aneh dalam diri saya, ternyata benar 75 kg, 10 kg nambah berat badanku yang dulu hanya 65 kg, Astagfiullah…… ni berat makannan apa dosa ya? He……. Intinya benar-benar sebuah kegagalan yang saat ini hanya bisa aku sesali dan muai berusa untuk aku perbaiki. Akhirnya lirik lagu ini yang muncul:

Duapuluh tahun ya…. Rabbana……
Hamba di dunia Rabbana……..
Hamba banyak dosa Rabbana.....
Hamba mohon Ampun!

“Ya Allah…. 20 tahun sudah hambamu telak kau beri esempatan untuk beribadah kepadamu, tapi ternyata hamba gagal dalam melaksanakanya. Malu rasanya karena nikmat yang Engkau berikan sangatlah besar tetapi apayang telah hamba lakukan seolah tak pernah menganggap hal itu. Ya Allah hanya maghfirahmulah yang bisa hamba harapkan. Ampunilah dosa kedua orang tuaku juga saudara-saudaraku juga sahabat-sahabatku semua yang telah sabar berada di sampingku. Ya Allah jadikanlah tahun lalu sebagai pelajaran yang berharga untuk menghadapi tahun-tahun berikutnya jadikanlah tahun-tahun berikutnya semakin lebih baik dengan Rahmat dan Ridho dari-Mu. Jagalah hambamu untuk tetap Istiqomah berada dijalan-Mu dan memperjuangkan agama yang Engkau ridhoi. Rabbana aatina fidunya hasanah wa fil akhirati hasanah wakina adzabannar Amie ya Rabbal ‘alamin.…..! ”

Tulisa ini memang sengaja ku buat karena agar kita semua khususnya saya sendiri biasa membiasakan untuk memaknai hari jadi bukan sekedar sebuah perayaan yang harus kita rayakan, akan tetapi adahal yang lebh penting dari itu semua yaitu adalah seberapa cermat kita dalam memuhasabah diri kita masing-masing agar kita tidak terperosok kejurang yang sama Allah berfirman:

“ Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Hasyir 18)

“Jika hari ini lebih baik dari hari kemarin itu adalah orang-orang yang berutung, jika hari ini sama dengan hari kemarin itu adalah orang-orang yang rugi dan jika hari ini lebih buruk dari hari kemarin itulah orang-orang yang celaka. ” Wallahu a’lamu bissowab………!



1 comments:

PakWow_Keren said...

tetap semangat, langkahkan kakimu kedepan, tengok kebelakang dan kemabli tataplah masa depan...

Post a Comment

About Me

My photo
madiun, jawa timur, Indonesia
I am studied Islamic Law in Islamic state Univercity of Malang. Syariah alwais in my live

Followers

forum silaturahim


ShoutMix chat widget

Guest Fans